iEat

iEAT: 5 Masakan Padang Terenak versi Ransel Ijo

*siapin posisi cacing-cacing di perut agar gak berisik saat baca tulisan ini*

Sebagai anak yang orang tuanya asli Padang meski jarang banget mudik ini, makanan padang tuh cuma ada 2. Enak dan enak banget. Apa ya masakan padang yang saya tidak suka? Mmm…rasanya gak ada.

Jadi ingat, tiap kali saya ke luar kota bareng bapake (ayo kita panggil bos saya pake sebutan bapake saja ya), dia pasti langsung request, “Makan di mana aja boleh asal jangan di rumah makan padang!” Hehehe…itu nyindir saya sebenarnya karena saya pasti lebih milih ke rumah makan padang daripada harus ke rumah makan di pinggir jalan yang belum pasti enak atau gaknya. Nah, kenapa harus yang di pinggir jalan? Yak arena kalau lagi ke luar kota, jarang kak kita nemu restoran. Lah di pelosok. X))

Dari semua masakan padang yang pernah saya coba, ada 5 masakan padang terfavorit, yaitu:

RENDANG

Udah ketebak lah ya? Ada gak yang gak suka rendang? 😀

Saya paling suka kalau rendangnya udah kering. Aduh…itu bumbunya masuk banget sama ke lapisan dagingnya. Terus dagingnya tuh yang empuk gitu. Dimakan pake nasi hangat! Doh…surga dunia ada di mulut saya kalau lagi makan itu.

Sumber: www.bubblews.com
Sumber: http://www.bubblews.com

Biasanya tiap lebaran atau ada acara, Mama masak rendang bisa sampai 3 hari sebelum disajikan. Mantap banget deh. Minyaknya dipisahin, apinya yang kecil, bumbunya yang khusus. *lap iler* Gak sia-sia usaha Mama masak rendang ini karena pasti yang nyobain pada nagih!

SATE PADANG

Yang saya suka dari sate padang adalah kuahnya. Singada lawan! Mau sate padang di pinggir jalan, di restoran, udah deh saya pasti suka. Saya kan anaknya gampangan. 😀

Saya paling suka bagian lidah, kamu? [Sumber: h4nk.blogspot.com]
Saya paling suka bagian lidah, kamu?
[Sumber: h4nk.blogspot.com]
Tapi…sate padang favorit saya adalah sate padang Pasar Santa. Gak persis di pasarnya tapi rada ke sanaan dikit menuju Jl. Cikadang. Cari aja sate padang yang di sebelahnya restoran Manado. ITU ENAK BANGET!!!

DENDENG BATOKO

Yang artinya dendeng diketok! Hahaha…iya jadi tuh daging setelah direbus, diketok di atas ulekan biar jadi ramping. Cabenya jangan halus-halus, diblender kasar aja. Terus ya dicampur pake kentang dan nasi hangat. Masya Allah…enaknya!

[Sumber: www.indoradio.nl]
[Sumber: http://www.indoradio.nl]

JENGKOL BALADO

Ho oh banget! Saya suka sama jengkol! 😛

Tapi udah lebih dari 2 tahun gak makan jengkol. T_T

Jangan ditanya kenapa lah ya. 😀

Paling enak adalah...minyak sambelnya! [Sumber: www.republika.co.id]
Paling enak adalah…minyak sambelnya!
[Sumber: http://www.republika.co.id]
Jengkol balado yang dimasak Mama itu empuk, bumbunya masuk, dan minyak baladonya parah! Ngebayanginnya aja udah bikin laper. Ajaibnya adalah jengkol baladonya Mama gak bau di mulut. Beneran. 😀 Meski saya suka jengkol, entah kenapa saya gak suka petai. Di sini ada yang gak suka jengkol? Tiap kali Mama masak jengkol balado pasti orang-orang yang nyicipin akan bilang enak banget dan nambah berkali-kali. Tangannya Mama juara!

GULAI KUNING KEPALA IKAN

Mau ikan apa aja itu enak! Bumbu kuning, terus bagian mata ikannya dicongkel, dihisap. Doh! Enaknyaaaa…

Saya paling suka kalau dipakein daun ruku-ruku, tomat, dan cabe rawit merah. [Sumber: http://food.detik.com]
Saya paling suka kalau dipakein daun ruku-ruku, tomat, dan cabe rawit merah.
[Sumber: http://food.detik.com%5D
Saya lebih suka makan kepala ikan tanpa ditemani nasi. Lebih puas aja. Kalau pakai nasi rasanya kurang enak. Emang dasar suka ngemil sih. Ngemil kok kepala ikan. 😛

Nah, itu 5 masakan padang terenak versi saya. Kalau kamu punya daftar lainnya gak? 😀

R.I

Advertisements

96 thoughts on “iEAT: 5 Masakan Padang Terenak versi Ransel Ijo”

  1. Aaaa kangen makan masakan padang langsung di Padang. Dulu ketika pertama kali sampe Padang pesawat jam 11 malem, langsung wiskul nyicipin sate Padang di daerah…. lalalala lupa, sama es durennya. Beeeeh

    Like

  2. Aku suka gulai ikan (kalau bisa gulai ikan batalua…alamak sedapnya) 🙂 Sate dan rendang juga suka 🙂 Oh, satu lagi talua barendo, udah pernah coba, Kak?
    Tapi aku kurang suka tunjang, nggak tahu kenapa 😉 dulu sih suka sekali makan tambunsu, sekarang udah kurang *ingat kolesterol*

    Kalau bahas kuliner, apalagi kuliner Minang, nggak ada habisnya deh 😀

    Like

      1. Gulai ikan batalua itu, gulai ikan yang dimasak sekalian dengan telur ikannya, Kak. Talua barendo itu kayak telur dadar, tapi dimasak sedemikian rupa sampai kering dan tepinya keriting kayak renda.

        Like

      2. Huaaa kayaknya enak banget tuh Amiii…asli ini mah malu-maluin ternyata masih banyak banget masakan Padang yg belum ada di perutku. Tentang telor ikan, palingan aku nyobain telornya sarden 😐

        Like

  3. Gw baru pernah makan rendang, sate padang dan dendeng aja. Ga bisa makan ikan dan masih belom pede makan jengkol. Hihihi. Paling suka rendang pastinya ya Dev. Ihik.

    Like

      1. iyaa uniii…bumbunya sama kaya rendang daging. perpaduan bumbunya dengan nangka (yang dipotong kecil-kecil) dan ikan asin punya cita rasa dan sensasi yang beda jadinya. ayoo unii kapan-kapan dicobaa 🙂

        Like

  4. Memang masakan Ibunda selalu jadi nomor wahid ya, Mbak :hehe.
    Saya belum pernah makan dendeng dan jengkol itu :haha. Gulai kepala ikan jarang karena daging di kepala ikan itu sedikit! *di mana dagingnyaa*. Tidak terlalu berminat dengan sate padang :hihi.
    Dan kenapa Mbak 2 tahun ini jarang makan jengkol? (Saya tipe orang yang kalau dibilang “jangan” malah membandel, jadi maaf ya :haha :p)

    Like

  5. Dendengnya buat akuu…entah kenapa aku kok agak bosan rendang yaa? Ada lho orang yang kayak kamu…suka jengkol tapi NO pete. Aku ditambah kerupuk kulit dikuahin sama sayur singkong doongg…btw resep bunda boleh dibagi ga buat kami yang harus masak semuanya sendiri? huhuhuhu

    Like

      1. Omaigat omaigatt rendaanngg….dendeng…resep sambel ijonyaaa puuuhhhhlliiiiiiiisssss tante sayang * kedip2 mataa ampe bulu mata ronyok* makasih lhoooo vaaaaaa untuk ditanyakannyaa

        Like

  6. Lamak nian!!!
    satu-satunya yang aku ga suka cuma jengkol dev 😆
    Kalau rendang sih udah pasti mama pun suka bikin. Rendang favorit selain si rendang daging, rendang paru. udah pernah nyobain rendang paru belum dev?

    Like

  7. hadoh… malem-malem baca postingan ginian… bikin perutku bunyi 5 kali… kruuuyugghh

    kalo aku, list-nya begini:
    1. gulai otak — bweeuh maknyus walaupun seuprit
    2. ayam pop — gurihnya ga nahan
    3. ikan mujair goreng kering gepeng — apa ya nama resminya??
    4. soto padang — dicampur paru goreng jadi kres kres kres
    5. sigodang — nasi goreng padang yang sudah pasti pedesnya juara

    ini bener masakan padang kan ya? jangan-jangan salah… hahaha

    Like

  8. masakan padang tuh termasuk comfort food gw banget Dev, bersanding dengan masakan sunda dan masakan jawa timur. Selain masakannya, cemilan dari daerah sumatera barat itu JUARA KELAS BERAT banget di hatikuh. Segala es kampiun, ketan srikayo, sampe ke kue mangkok nya semua gw suka, apalagi kripik balado nya …. Arrrggggghhhh….. *berubah jadi foodzilla*

    Like

  9. agak horor yaa… tapi akyu suka gulai tambusu nya uni upik kramat deva, hihihi 😀 . segala macem balado aku juga sukaaa… asal jangan sandal jepit aja yg dibalado 😀

    Like

  10. Belum suka sama sate Padang, kalau yg lain mah sukaaaa…
    Eh Jengkol saya belum suka sekali..

    Aaah jadi pengen pulkam…
    Beneran ini mah postingan yg menganiyaya huhuhu

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s