Tauhid

Kajian Tauhid Aa Gym – Part 2

Tanggal 11 Januari lalu, saya datang ke Kajian Tauhid Aa Gym di Istiqlal. Ini catatan yang mungkin berguna buat semuanya. 🙂

***

tumblr_ncsxggzTom1qapk2qo1_500

  • Sebagai manusia, kita harus selalu mencari ilmu baru dengan semangat dan pengalaman baru. Jika kemampuan kita tidak bertambah maka kita akan seperti pemadam kebakaran, yang hanya bisa memadamkan masalah saat ada masalah saja.
  • Ilmu adalah harta yang paling berharga, jauh lebih berharga daripada harta. Ilmu lah yang akan menjaga perilaku dan akal kita. Dengan terus mencari ilmu maka akan banyak yang bisa kita amalkan.
  • Kita tuh sebagai manusia sering mengeluh. Padahal Allah telah memberikan rejeki sesuai dengan kebutuhan kita. Sehingga sebenarnya jika kita hitung nikmat-Nya maka Nikmat Tuhan mana lagi yang ingin kita dustai?
  • Kita menjadi kurang bersyukur karena salah membandingkan. Untuk apa membandingkan diri kita dengan orang lain. *pelototin kaca*
  • Tidak ada yang kebetulan di dunia ini. Semua sudah ditetapkan oleh Allah, hal sekecil apapun. Kita lah yang harus selalu mencari hikmah dari setiap peristiwa. Hal yang saat ini dirasa tidak cocok, yakinlah bahwa itu cara Allah untuk semakin mendekatkan kita denganNya. Jangan pernah berburuk sangka dengan ketetapan Allah.
  • Segala kebaikan, sekecil apapun pasti dinilai oleh Allah. Meski itu hanya berupa rasa empati yang muncul di dalam hati. Allah Maha Adil.
  • Segala masalah sebesar apapun akan mudah jika Allah menolong kita tapi segala masalah sekecil apapun akan sulit jika kita jauh dari Allah. Teruslah menyibukkan diri dengan kebaikan, demi Allah. Bukan demi dinilai baik oleh mahluk.
  • Tips supaya bisa ikhlas adalah sadari bahwa perbuatan sekecil apapun akan kembali menguntungkan diri sendiri. Bukan menguntungkan orang lain. Sehingga untuk apa lagi kita berpikir dua kali untuk berbuat baik?
  • Ingatlah untuk memulai kebaikan: mulai dari diri sendiri, mulai dari hal terkecil, dan mulai dari sekarang.

Image from: fatennajjah.blogspot.com

R.I

Advertisements

21 thoughts on “Kajian Tauhid Aa Gym – Part 2”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s