iTalk

To Write or Not To Write

Tidak lama setelah saya mem-posting tulisan perdana di tahun ini tentang self-careΒ saya memutuskan untuk hiatus sejenak dengan cara mengubah setting-an blog ini menjadi private. Sehingga para pembaca tidak bisa menemukan link ranselijo ini. Padahal di awal tahun, ingin rasanya bisa kembali ngeblog 2 kali sebulan, at least.

Kenapa akhirnya hiatus?

Karena merasa sering kali tulisan lebih dewasa dibandingkan penulisnya itu sendiri.

Tapi ya memang dasarnya suka menulis, sehingga jika tidak menuangkan pikiran dalam bentuk tulisan, seperti ada yang kurang. Akhirnya terlampiaskan di Instagram saja.

Saya kira, cukup. Tapi ternyata tidak.

Bahkan sebenarnya, blog selalu menjadi tempat refleksi paling menyenangkan bagi saya, terlepas kemudian saya mempublikasikan tulisan atau tidak.

Lalu, kenapa akhirnya setting blog ini diubah menjadi public kembali?

Karena saya pikir: saya rindu ngeblog seperti dulu lagi.

Menulis tanpa harus berpikir: kira-kira ada yang baca gak ya?

Atau: jika menulis ini, pendapat pembaca bagaimana ya?

Atau bahkan: duh, jika seperti ini, ada yang tersinggung atau tidak ya?

Dan lain sebagainya.

Padahal esensi dasar dari sebuah blog adalah tempat sharing segala macam.

Lupakan sejenak tentang hiruk pikuk dunia digital marketing saat ini, lupakan tentang monetizing blog, lupakan tentang niche blog, dan hal-hal ‘menjual’ lainnya.

 

***

Oiya, hari ini ceritanya saya abis ikutan seminar Optimizing Digital Marketing gitu lah, khusus untuk travel operator (ya ini part dari kerjaan saya). Nah, tadi di sana ngumpul deh orang-orang pintar yang sama sekali tidak pelit ilmu. Padahal mah, logikanya sesama saingan kok mau buka-bukaan kartu πŸ˜€

Lucu kan?

Nah, seorang teman berkata ke saya: ilmu tuh ya gitu, Dev. Semakin dibagi, manfaatnya semakin bertambah. Dan di jaman seperti sekarang, sudah saatnya berbisnis dengan bersinergi, bukan memandang dari sudut pandang “saingan”.

Adem ya dengernya? πŸ™‚

Jadi yuk, bersinergi. Saling sharing. Semoga ranselijo.com bisa menjadi media teman-teman untuk sinergi atau sharing apapun, terutama tentang traveling.

Doakan istiqomah menulis di sini ya. πŸ™‚

***

So yeah, welcome back to ranselijo.com, my favorite playground to write anything, especially about traveling (hopefully).

Image result for quote writing
Source: here

Jika teman-teman ada saran tentang blog ini, boleh lho kita ngobrol-ngobrol sejenak di kolom komentar atau boleh banget kirim email. πŸ™‚

Atau bahkan request mau baca tentang apa di blog ini, boleh aja. Insya Allah selama ada yang bisa disharing dan bermanfaat, yuk aja. πŸ˜€

Jadi, to write or not to write? I choose to write. πŸ™‚

Tabik!

Advertisements

17 thoughts on “To Write or Not To Write”

      1. kabarku baik, ini lagi mikir pengen nulis jg yg sebebas2nya gak cuma nulis review dan cerpen doang, jd pengen ganti alamat blog biar disamain semua sama twitter dan medsos lain

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s