Menjadi Tour Leader

Amanah ini bukan lagi tentang dirimu yang menyukai perjalanan. Bukan lagi mengenai seberapa antusias melihat destinasi perjalanan. Bukan lagi tentang sudah berapa lama kamu menginginkan ada di tempat tersebut.

Tapi tentang…
Seberapa mampu kamu melayani peserta, membuat mereka nyaman, membuat mereka tersenyum, dan meyakinkan mereka bahwa perjalanan ini aman.

Bukan tentang kamu takut ketika perjalanan berliku tajam, bukan tentang kamu yang bingung harus melakukan apa ketika harus macet total karena pohon roboh di tengah jalan.

Tapi tentang bagaimana mencari solusi saat yang lain takut dan bingung, tentang kamu yang harus tetap tenang, harus tersenyum saat lelah sekalipun, tentang kamu yang harus menahan langkah menaiki anak tangga meski sebenarnya langkahmu bisa lebih cepat, tentang kamu yang harus berjalan paling belakang untuk meyakinkan bahwa semua rombongan aman, tentang kamu yang harus menyemangati mereka saat mereka lelah, dan tentang kamu yang harus sigap saat mereka butuh bantuan.

Usia beragam, keinginan bermacam-macam. Tugasmulah memfasilitasi semuanya.

photo890937029812135911

Aku jadi teringat sebuah pesan, “Mau Manajer, Direktur atau apapun jabatannya, kalau sudah jadi Tour Leader ya layani peserta sebaik mungkin.”

Ternyata sedemikian menyenangkan melihat wajah-wajah tersebut senyum, makan berkali-kali, dan langsung bertanya “Kemana lagi destinasi selanjutnya?”

Ternyata sedemikian menyenangkannya menjadi Tour Leader.

Ternyata 🙂

Deva – IG: @ranselijo

19 thoughts on “Menjadi Tour Leader

  1. Mbak Dev, aku udah jarang lihat mbak di feed. Wah memang harus sabar dan sigap ya mbak kalo jadi tour leader. Tapi pasti menyenangkan kalo melihat pesertanya juga gembira. 😊

    Like

    1. Hi Icha, apa kabar? Iya nih, lagi gak konsisten ngisi di sini 😀 Makasih ya masih terus berkunjung ke sini 🙂

      Iya, kebahagiaan peserta itu ternyata obat capek banget 😉

      Like

  2. Tour leader itu susahnya menyamakan keinginan peserta tapi mesti sesuai rencana. Semacam aplikasi ilmu manajemen dalam skala kecil, tapi kerumitannya sama. Keren Mbak kalau semua bisa bahagia di akhir perjalanan, berarti tujuan perjalanannya kan tercapai dan semua peserta termasuk sang tour leader sangat diperkaya pengalaman. Mungkin saja suatu hari nanti bisa jadi tour leader profesional, hehe.

    Like

Leave a comment