Cinta Tertinggi

Bukan hanya di percintaan, rasa bisa bertepuk sebelah tangan. Di hubungan pertemanan atau pekerjaan, pun bisa terjadi. Tidak sedikit pula yang merasa bertepuk sebelah tangan di hubungan anak dan orang tua, adik dan kakak, dan semua jenis hubungan yang ada di muka bumi ini.

Memang tidak nyaman rasanya, tapi coba menarik nafas dalam-dalam dan keluarkan perlahan-lahan dan berpikirlah secara sadar bahwa memang tidak semua hal bisa kontrol.

Perasaan seseorang, siapapun dia – ke kita, adalah hal di luar kontrol kita.

Sering diri merasa sudah seterbuka mungkin, sudah merasa sangat nyaman menjalani semuanya bersama-sama, tapi sebaliknya, ia tidak. Apakah itu salah diri? Tampaknya sulit bertumbuh jika harus terus menyalahkan diri atau meletakkan diri sebagai korban. Sederhananya, ya karena perasaan orang lain ke kita tidak bisa kita kontrol, ya kan?

Lalu apa yang bisa kita lakukan?

Sederhana namun akan pahit – jika yang kita pikirkan dan inginkan adalah hasil yang instan: terus saja berbuat baik padanya dan berdoa agar Allah, yang Maha Kuasa selalu menjaganya.

Bukankah doa adalah cinta tertinggi yang bisa kita hadiahkan kepada seseorang?

Source: here

Jika diri terus ingin mengejar kebahagiaan dari orang lain, ingin terus selalu diterima oleh orang yang kita harapkan maka sebenarnya hanya kekecewaan yang kita akan dapatkan.

Merujuk ke nasihat para Guru bahwa terus saja berbuat baik, bukan karena mahluk suka atas tindakan kita tapi karena ingin Allah ridho dan menyayangi kita. Sayangilah yang di bumi maka yang di langit akan menyayangimu.

Jika saat ini diri merasa lelah dengan kekecewaan yang didapatkan dari cinta bertepuk sebelah tangan, istirahat saja dulu. Create your own space. Dan jika sudah ada sedikit energi kembali, maka berjalanlah selalu dengan bimbingan yang terbaik.

Selalu minta pertolongan Allah agar dikuatkan, dibimbing dan dilapangkan segala urusanmu. Doa baik mengenai orang lain akan kembali ke dirimu sendiri, insyaa Allah.

“TIDAK ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama,” (HR. Muslim no. 4912).

Semoga Allah beri lingkungan bertumbuh yang baik.

Deva

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s