One Word 2022?

Ini sudah hari ke-5 di 2022. Masihkah ada yang membuat resolusi di 2022? Bagaimana perjalanan resolusi di pekan pertama 2022 ini? Semoga apapun yang sedang direncanakan, Allah berikan kemudahan dan keberkahan di dalamnya. Aamiin…

Biasanya setiap akhir tahun atau ya paling lambat awal tahun, saya bisa menemukan ‘one word of the year’. Dimulai dari tahun 2015, 2016, lalu melompat ke 2018 dan 2020. Tapi di 2022 ini, huft saya tidak menemukan kata yang tepat untuk menjadi goals utama di 2022. Bukan karena pesimis, bukan karena tidak tahu mau melakukan apa, hanya saja – rasanya saya tidak benar-benar memikirkan plan ke depan seperti apa.

Kenapa bisa seperti ini? Ntah.

Pertanyaan ini terus bergelayut di benak saya dari akhir Desember hingga hari ini. Terselip doa di dalam hati bahwa semoga hal ini akan berujung kepada rasa cukup di hidup saat sekarang.

Di 2021 lalu, saya mengambil keputusan besar sekali yaitu memilih hidup sendiri. Yang biasanya tinggal bersama keluarga besar, sekarang sendiri. Bukan karena ada masalah, alhamdulillah ndak ada – hanya saja, merasa sudah waktunya untuk lebih maksimal belajar mandiri. Tidak ada kata terlambat kan untuk belajar mandiri? 😀

Selama lebih kurang 7 bulan tinggal sendiri seperti ini, banyak pola pikir dan mungkin perilaku saya yang berubah. Semakin lebih mudah bersyukur atas hal sekecil apapun dan belajar lebih menghargai kebersamaan bersama orang-orang tersayang. Jadi semakin mengenal diri sendiri, hal apa yang membuat nyaman, dan vice versa.

Tunggu deh, tetiba saya ada ide – hmm bagaimana jika di 2022 ini saya menjadikan kata ‘bersyukur’ sebagai landasannya? One word 2021; bersyukur.

Menarik juga! 🙂

Dan (ingatlah juga), tatkala Rabbmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih” (QS. Ibrahim: 7).

Jadi ingat juga sebuah quote dari Ustadz Nouman Ali Khan, “We are the people of Alhamdulillah.”

Wah asik nih, sambil nulis eh dapat ide hehe…

Bismillah ya, semoga di 2022 ini saya secara pribadi dan kita semua bisa lebih bersyukur atas apapun yang Allah takdirkan dan tentu saja berharap untuk selalu menebar manfaat di manapun. Aamiin…

Kalau kalian, ada goals utama ndak di 2022 ini? Cerita-cerita yuk. 🙂

Deva

8 thoughts on “One Word 2022?

  1. Selamat tahun baru Mbak Deva!!
    aku ikut mengaamiinkan doanya mbak…
    tahun ini aku pun ga punya goals yang ingin banget dicapai. Bisa melewati dengan cukup dan jadi manusia yang lebih baik pun itu sudah lebih dari cukup kayaknya.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s